Home > Sainstech > “Wikileaks”.. apa sih sebenarnya…?

“Wikileaks”.. apa sih sebenarnya…?

December 8, 2010 Leave a comment Go to comments

WikiLeaks menjadi topik hangat beberapa waktu terakhir. Bukan mendadak tenar, tapi situs WikiLeaks.org sebelumnya sudah pernah membuat gempar. Tepatnya di bulan Juli 2010 ketika situs non-profit itu membocorkan puluhan ribu dokumen rahasia milik Amerika Serikat mengenai perang di Afganistan. Dokumen itu kemudian dibocorkan ke laman publik Wikileaks.

Ya.. itu salah satu topik terhangat dan bahkan memanas yang mengagenda di seluruh dunia, sampai-sampai pendiri Wikileaks sendiripun harus berhadapan dengan pihak yang berwajib alias Polisi dan bahkan dari kabar yang beredar diapun telah di penjara.

Kendati Julian Assange kini mendekam di tahanan, namun kiprah pendiri situs WikiLeaks itu makin memanen simpati dari banyak kalangan. Bahkan WikiLeaks juga menjadi inspirasi bagi situs-situs sejenis bermunculan.

Setelah mantan staf senior WikiLeaks Daniel Domscheit-Berg berniat membuat situs pembocor rahasia baru yang lebih canggih dari WikiLeaks, baru-baru ini, seorang blogger dan jurnalis terkenal Rusia Alexei Navalny, juga membuat situs pembocor korupsi model WikiLeaks.

Seperti halnya WikiLeaks, situs bernama Rospil.info itu, memberikan kesempatan kepada siapapun untuk mempublikasikan informasi yang berkaitan dengan praktek-praktek korupsi di Rusia serta mendiskusikannya secara online.

Seperti dikutip dari kantor berita Rusia Ria Novosti, banyak pakar menyambut baik situs web semacam ini, karena bisa menjadi sumber informasi yang baik untuk memberantas praktek korupsi di Rusia.

Apalagi, selama ini, Navalny merupakan tokoh yang telah dikenal baik oleh publik. Navalny adalah pemilik saham minoritas beberapa perusahaan Rusia. Ia merupakan tokoh yang secara konsisten mengkampanyekan praktek bisnis yang lebih transparan di Rusia.

Nama Navalny sempat mencuat ketika ia menuduh adanya penggerogotan dana sebesar US$4 miliar oleh bekas petinggi perusahaan pipa Transneft, selama dilakukannya proyek konstruksi pipa Siberia Timur – Samudera Pasifik.

Rusia sendiri, selama ini dicap oleh organisasi Transparansi Internasional sebagai salah satu negara terkorup di dunia. Menurut indeks persepsi korupsi 2009 yang dikeluarkan organisasi itu, Rusia menduduki peringkat 146 dari 180, atau berada di bawah negara Togo, Pakistan, dan Libya.

Sementara Indonesia pada tahun 2009 berada pada posisi 111. Tapi setidaknya, hingga saat ini belum ada situs pembocor dokumen rahasia seperti WikiLeaks atau Rospil.info di Indonesia. Berminat mendirikan? (hs)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s